Informasi Wisata Khususnya di Provinsi Maluku dan Maluku Utara

Saturday, July 05, 2014

Sibu-Sibu Cafe - Tempat Ngopi di Kota Ambon

No comments :
Sibu-Sibu Cafe - Tempat Ngopi di Kota Ambon
source: google.com
Kota Ambon merupakan pintu gerbang masuk menuju ke keindahan Maluku. Jadi sebelum memulai petualangan Anda, sempatkan diri untuk mengekplorasi Kota Ambon. Di kota ini, terdapat banyak hal yang bisa dikunjungi dan dilihat, salah satunya adalah sibu-sibu cafe. "Belum ke Maluku, kalau belum mampir ke sibu sibu", ini adalah bunyi mantra untuk menarik perhatian setiap orang yang berkunjung atau hendak berkunjung ke Maluku.

Sibu Sibu Cafe atau juga dikenal dengan Walang Kopi Sibu Sibu, berdiri pada awal april 2006 yang merupakan wujud kecintaan seorang perempuan asli Maluku yang bernama June Manuhut terhadap seni dan budaya serta tanah Maluku. Sibu Sibu atau dalam bahasa Maluku "angin sepoi sepoi" atau dalam bahasa Ambon Melayu disebut "Hail Buang Lansyik" yang berarti rumah tempat melepas suntuk. Cafe ini adalah tempat yang tepat untuk bersantai dan bercengkrama dengan teman-teman Anda.

Sibu-Sibu Cafe - Tempat Ngopi di Kota Ambon
source: indonesia.travel
Cafe ini bukan sekedar cafe biasa, namun merupakan media presentasi dari seni dan budaya Maluku. Cafe ini jika dilihat dari luar kelihatan biasa-biasa saja, namun ketika Anda melangkahkan kaki kedalam maka Anda akan disambut oleh jojaro-jojaro (pelayan) berbaju cele dan dimanjakan dengan interior cafe yang unik dengan perpaduan etnik dan nostalgia tahun 80-an dan 90-an. Pajangan dan kursi-kursi di cafe ini bernuansa etnik sedangkan dinding yang berwarna hijau serta dihiasi dengan foto-foto musisi/artis bahkan tokoh terkenal yang berdarah Maluku. Seperti Daniel Sahuleka, Glen Fredly, Vengaboys, Broery Marantika dan lainnya.

Di cafe ini Anda dapat menikmati secangkir kopi hangat yang ditemani musik Maluku yang dibawakan penyanyi Maluku dari segala zaman mulai dari tahun 70-an sampai sekarang. Cafe ini memiliki koleksi musik seperti Hawaiin, pop, jazz, dan folks. Dari pagi hingga malam cafe selalu ramai dikunjungi dan tidak pernah sepi.

Salah satu menu utama dan yang paling dicari di cafe ini adalah Kopi Rarobang. Kopi ini terbuat dari biji kopi robusta yang diolah secara tradisional dan dicampur dengan bubuk cengkeh, jahe dan ditaburi kacang kenari sebagai toping. Campuran dari bahan-bahan ini menghasilkan aroma kopi yang unik dan tidak akan bisa Anda lupakan.

Sibu-Sibu Cafe - Tempat Ngopi di Kota Ambon
source: indonesia.travel




















Anda dapat menikmati kopi Rarobang dengan harga Rp.15.000;- saja. Jika ingin menikmati kopi ini sebaiknya ditemani dengan makanan tradisional Ambon seperti kasbi, bruder sageru, koyabu, pulut siram dan pulut unti. Selain itu Anda juga dapat memesan berbagai juice dan cemilan di cafe ini. Anda juga dapat membeli souvenir khas Maluku atau kopi rarobang yang sudah dikemas dalam bungkus sebagai buah tangan Anda.

Transportasi menuju Sibu-Sibu Cafe sangatlah mudah, angkutan umum setiap hari melintasi depan cafe ini yang terletak di jalan Said Parintah No.47A, Kota Ambon. #AyoKeMaluku



referensi
indonesia.travel

No comments :

Post a Comment