Informasi Wisata Khususnya di Provinsi Maluku dan Maluku Utara

Saturday, July 05, 2014

Pulau Banda - Mutiara Dari Timur

No comments :
Pulau Banda - Mutiara Dari Timur
source: google.com
Pulau Banda merupakan salah satu pulau yang berada di Provinsi Maluku, terletak 132 km tenggara Ambon dan termasuk dalam Kabupaten Maluku Tengah. Pulau ini sejak abad pertama Masehi telah menjadi salah satu produsen tunggal rempah-rempah seperti pala dan fuli. Pulau ini hanya sekumpulan pulau kecil yang terdiri dari tiga buah pulau besar dan tujuh pulau yang lebih kecil.

Dua buah pulau besar yaitu Banda Besar dan Naira, yang ditumbuhi banyak sekali pohon pala. Pulau ketiga yaitu Gunung Api atau puncak api, merupakan gunung api yang aktif. Di sekitar perairan pulau ini Anda akan menemukan beberapa taman laut yang paling indah di Indonesia. Kemanapun Anda berkeliling di pulau ini, Anda akan menemukan pemandangan tropis yang menakjubkan, sejarah yang luar biasa, penduduk yang ramah, dan berbagai macam terumbu karang yang masih alami.

Pulau Banda - Mutiara Dari Timur
source: google.com


















Pulau Banda merupakan daerah terpencil namun sangat indah dan merupakan salah satu tujuan wisata di Maluku yang paling populer bagi para penyelam. Pada saat ini pulau Banda telah menarik perhatian para penyelam, pelaut dan kapal pesiar dari seluruh dunia untuk datang menyaksikan keindahan alamnya. Baik dilaut, maupun di atas laut, keindahan di pulau ini dapat disejajarkan dengan keindahan Raja Ampat di Papua.

Menyelam merupakan daya tarik utama di pulau ini, dikelilingi oleh air yang sebening kristal dan kehidupan laut yang eksotis, kepulaun Banda merupakan tempat yang cocok untuk Anda pecinta wisata bahari. Di perairanya Anda akan menemukan berbagai macam jenis ikan yang berwarna-warni serta biota laut yang unik yang akan membuat Anda terkagum-kagum.

Pulau Banda - Mutiara Dari Timur
source : google.com
Kepulauan Banda memiliki lebih dari 25 titik menyelam, yang membuat Anda betah berada di perairannya dan tidak akan bosan. Beberapa tempat yang paling populer adalah Batu Kapal, Karang Hatta, Pulau Keraka, Nusa Luat, dan Pulau Ay yang merupakan tempat yang sangat indah, namun Anda patut waspada terhadap permukaan lautnya yang kasar.

Banda Naira merupakan kota sepi yang menawan dengan pohon yang berjajar ditepi jalan. Di pulau ini Anda akan menemukan sisa-sisa reruntuhan dari masa kolonial seperti Benteng Belgica yang dibangun pada abad 17 dan masih banyak lagi. Anda juga dapat mengunjungi desa tradisional dan hutan pala yang berumur empat abad. Selain itu terdapat banyak tempat untuk Anda lihat dan jelajahi di pulau yang seolah terahasiakan ini.

Pulau Banda - Mutiara Dari Timur
source: google.com


















Untuk menuju pulau ini, dari Ambon menuju pulau Banda menggunakan pesawat carteran atau Merpati Airlines yang terbang ke Banda Naira. Penerbangan beroperasi seminggu sekali atau dua minggu sekali. Alternatif lain melewati jalur laut dengan menggunakan kapal PELNI, KM.Tidar dari pelabuhan Ambon ke pelabuhan Banda Naira.

Untuk masalah tempat tinggal Anda tidak perlu khawatir, di pulau ini sudah terdapat berbagai macam hotel dengan harga yang terjangkau. Berikut adalah daftar hotel yang berada di pulau Banda
  • Hotel Maulana merupakan hotel termewah di pulau ini, Putri Diana, Mick Jagger, Jacques Coesteau pernah pernah menginap dihotel ini dikamar nomor 40. Tersedia kamar mandi es-suite yang menghadap pabrik mutiara. tlp +62-911-21024
  • Mutiara Guesthouse memiliki kamar ber-AC dengan halaman yang luas. tlp +62 813 303 433 77
  • Wisma Westhouse tlp +62 819 450 901 10.  
Datang sendiri ke kepulauan Banda dan kunjungi rahasia yang tersimpan di Indonesia Timur.#AyoKeMaluku


referensi
indonesia.travel

No comments :

Post a Comment