Informasi Wisata Khususnya di Provinsi Maluku dan Maluku Utara

Wednesday, July 02, 2014

Pulau Pombo - Surga Tak Berpenghuni Yang Eksotis

No comments :
Pulau Pombo - Surga Tak Berpenghuni Yang Eksotis
source: facebook/maluku-satu-darah
Pulau Pombo adalah salah satu pulau yang tidak berpenghuni yang terletak di Teluk Haruku, Provinsi Maluku. Secara geografis pulau ini berada diantara Pulau Ambon dan Pulau Haruku. Namun secara administratif seluruh kawasan pulau ini masuk ke dalam wilayah Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah.

Pulau ini dikenal juga sebagai Pulau Merpati, karena menurut warga setempat kata 'pombo' barasal dari bahasa Portugis yang berarti 'Merpati'. Luas pulau ini sekitar 2 hingga 3 hektar. Anda dapat berjalan menglilingi pulau ini dengan berjalan kaki selama 1 jam dengan merasakan sensasi angin laut yang menerpa rambut Anda.

Apabila Anda seorang yang berjiwa petualang maka Anda dapat mencoba untuk berkemping di pulau ini untuk menikmati kesejatian hidup di alam bak terasing di pulau yang indah ini. Bagi Anda yang pecinta wisata bahari, pulau ini sangtlah cocok untuk Anda. Pulau ini menawarkan keindahan bawah laut yang tak kalah indah dengan pulau lainnya di Provinsi Maluku. Anda dapat menyaksikan keindahan biota laut yang beragam serta berbagai macam jenis ikan. Anda juga akan menemukan berbagai jenis batu karang dengan bentuk yang unik serta rumput laut yang bergoyang-goyang kesana kemari mengikuti arus laut.

Pulau Pombo - Surga Tak Berpenghuni Yang Eksotis
source: google.com
Kawasan pulau ini juga telah dijadikan tempat penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan budidaya bawah laut. Untuk menuju pulau ini Anda dari Ambon ke Tulehu atau Waai bisa juga ke Liang melalui jalur darat sekitar1 jam perjalanan. Selanjutnya menggunakan speedboat ke Pulau Pombo, atau dari Waai bisa juga dari Liang sekitar 20 menit.

Apabila Anda ingin berkemping di pulau ini sebaiknya Anda membawa semua perlengkapan mulai dari pakaian, perlatan snorkeling, peralatan menyelam, makanan dan minuman, hingga obat-obatan. Di pulau ini tidak terdapat homestay atau tempat tinggal, karena pulau ini tidak berpenghuni alias kosong. #AyoKeMaluku


referensi
indonesia.travel

No comments :

Post a Comment