Informasi Wisata Khususnya di Provinsi Maluku dan Maluku Utara

Thursday, July 10, 2014

Pulau Geser - Pulau Terapung di Seram Timur

No comments :
Pulau Geser - Pulau Terapung di Seram Timur
source: google.com
Pulau ini bagi sebagian orang sudah tidaka asing lagi, karena sejak jaman dahulu pulau ini sudah menjadi pusat perdagangan rempah-rempah di Maluku. Namun ada juga yang belum tahu lebih tentang pulau yang menyimpan sejuta keindahan dan keunikan tersendiri. Secara administratif pulau ini berada di Kabupaten Seram Timur, Provinsi Maluku.

Pulau Geser didiami oleh dua suku dan budaya, yaitu suku Siritaun dan suku Erisiun. Kedua suku ini telah mendiami pulau ini selama tujuh abad, dan mereka hidup berdampingan. Walaupun begitu kedua suku ini memiliki wilayah kekuasaan sendiri-sendiri. Suku Siritaun menguasai lautan sedangkan suku Erisiun memiliki kekuasaan di darat. Kedau suku ini juga memakai satu bahasa yang sama yakni bahasa pakunu. Kedua suku ini dapat dibedakan dari lambang kekuasaan dan baju adat mereka.

Pulau Geser - Pulau Terapung di Seram Timur
source: google.com
Jika Anda berkunjung ke pulau ini, jangan lupa untuk mengunjungi Pulau Karang. Pulau ini berada satu kilo meter dibarat pulau geser. Warga setempat menyebut pulau ini sebagai " Bas Buru". Pulau Karang dikelilingi oleh terumbug karang yang sangat cantik. Pulau ini menjadi salah satu primadona wisata bahari di Pulau Geser. Anda dapat berenang, memancing bahkan santai sambil menikmati ikan bakar khas Maluku.

Selain itu di pulau Geser, juga terdapat pulau naga, diberi nama naga karena memang pulau ini bentuknya seperti naga. Jika Anda melihatnya dari dekat akan tampak empat buah taring naga setinggi 1 meter yang berada tepat dimulut naga. Pulau ini sangat cocok bagi Anda yang hobinya memancing karena letaknya yang strategis dan terdapat banyak jenis ikan.

Untuk menuju pulau Geser hanya bisa melalui jalur darat, karena belum terdapat bandara disini. Kalo masalah tempat tinggal Anda tidak perlu khawatir karena sudah terdapat penginapan dengan harga yang terjangkau. Namun terkadang ada juga warga yang mengajak para wisatawan untuk menginap dirumah mereka dengan gratis. Hanya saja terkadang para wisatawan sering ikut belanja bahan makanan sebagai ungkapan terimakasih. Dan itulah kebiaasan unik warga Pulau Geser. #AyoKeMaluku



referensi
mondeck.net


No comments :

Post a Comment