Informasi Wisata Khususnya di Provinsi Maluku dan Maluku Utara

Thursday, July 10, 2014

Pulau Ay - Surga Bawah Laut di Kepulauan Banda

No comments :
Pulau Ay - Surga Bawah Laut di Kepulauan Banda
source: google.com
Pulau Ay merupakan sebuah pulau dan desa yang berada di Kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku. Pulau ini terletak 10 km disebelah barat pulau Banda. Pulau Ay merupakan salah satu dari enam pulau yang berpenghuni di kepulauan Banda.

Pada jaman Belanda, pulau ini digunakan sebagai tempat pembuangan musuh baik mereka yang melawan Belanda secara langsung maupun para pemberontak. Rata-rata musuh maupun pemberontak yang dibuang di pulau ini dijadikan budak diperkebunan pala. Yang unik dari pulau ini adalah tidak ada sumber air disini, namun perkebunan pala tumbuh subur sejak berabad lalu hingga sekarang. Anda juga dapat mengunjungi  sebuah pohon pala yang sudah berumur sekitar 200-an tahun.

Pulau Ay - Surga Bawah Laut di Kepulauan Banda
source: alanmn.wordpress.com
Menurut warga setempat dulu mereka mempunyai sebuah perigi, satu-satunya perigi di pulau ini, namun pada musim kemarau perigi tersebut kering. Maka pada saat masa penjajahan Belanda di abad ke-18, Belanda mewajibkan setiap rumah membuat bak penampungan air dengan ukuran besar sekitar 3m x 4m 1,5. Jadi jangan heran kalau kamar tidur penduduk pulau ini lebih kecil dibandingkan dengan bak mandi mereka. Bahkan ada juga yang beranggapan bahwa kekayaan sebuah keluarga ditentukan dari seberapa luas dan besar tempat penyimpanan air yang mereka miliki.

Pulau Ay juga merupakan salah satu surga snorkeling di Kepulauan Banda. Jadi bagi Anda, yang suka snorkeling, jangan sampai tidak mengunjungi pulau ini. Di pulau ini terdapat dua spot dive yaitu Ay Reef dan Shark Point. Kedua spot ini memiliki air yang sangat jernih, terumbu karang yang masih alami, berbagai macam jenis ikan dan bahkan Anda dapat menjumpai hiu di spot Shark Point.



Jadi kalau Anda berkunjung ke Kepulauan Banda, jangan lupa berkunjung ke Pulau Ay. #AyoKeMaluku



referensi
othervisions.wordpress.com
alanmn.wordpress.com

No comments :

Post a Comment