Informasi Wisata Khususnya di Provinsi Maluku dan Maluku Utara

Tuesday, July 01, 2014

Pulau Dodola - Surga Mutiara di Bibir Samudra Pasifik

No comments :
Pulau Dodola - Surga Mutiara di Bibir Samudra Pasifik
source: google.com
Pulau Dodola terletak di bagian barat Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara. Pulau ini berjarak sekitar 5 mil dari Daruba, Ibu Kota Kabupaten Morotai. Landscape alam di pulau ini selalu berhasil memikat wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Keindahan alam di pulau ini tidak kalah dengan pulau lainya di Provinsi Maluku Utara.

Air lautnya yang begitu jernih dan membiru ditambah dengan hamparan pasir putih yang sehalus tepung, membuat pulau ini menjadi primadonya Morotai. Di pulau ini Anda bisa berenang, diving, bahkan snorkeling dengan tenang tanpa perlu takut terbawa ombak, karena gelombangnya telah terpagari oleh pulau kecil di sekelilingnya. Pamandangan bawah lautnya tidah kalah indah, terdapat 13 titik penyelaman disini. Bukan hanya itu saja, ditempat ini terdapat beberapa pesawat dan kapal perang yang sudah karam. Karena Morotai pernah menjadi tempat pertempuran antara Sekutu dan Jepang pada Perang Dunia II.

Keunikan dari pulau ini adalah ketika air lautnya sedang surut Pulau Dodola Besar dan Pulau Dodola kecil terhubung oleh pasir putih yan membentang sepanjang 500 meter. Pantai ini memang tidak selalu terlihat, jika air sedang surut saja barulah pantai ini terlihat. Waktu yang tepat untuk menyebrang biasanya pada pukul 10 pagi hingga 7 malam. Anda dapat berjalan diatas pasirnya selama 5 menit untuk menyebarang.

Pulau Dodola - Surga Mutiara di Bibir Samudra Pasifik
source: google.com
Untuk menuju pulau ini hanya dengan melalui jalur laut, karena Pulau Dodola adalah sebuah pulau kecil yang berada di sebelah barat Pulau Morotai. Anda dapat terbang ke Bandara Sultan Babullah Ternate ( Maluku Utara). Selanjutnya Anda bisa menumpang pesawat ke Morotai dengan jadwal penerbangan setiap hari. Dari Morotai Anda harus menyebarang lautan dengan menyewa perahu seperti speedboat atau perahu nelayan yang biasa disewa oleh wisatawan yang mencari sensasi liburan yang unik dan menantang. Sedangkan wisatawan yang menggunakan speedboat lebih mementingkan efisiensi.

Biasanya para wisatawan yang menggunakan speedboat diantar seharian berkeliling dibeberapa pulau indah disekitar pulau ini. Tarif harga untuk menggunakan speedboat adalah Rp.1.500.000;/boat yang menampung sekitar 10 orang. Jadi Anda hanya perlu mengeluarkan Rp.150.000/orang. Bagi Anda yang pergi sendirian kami sarankan menggunakan perahu nelayan karena harganya lebih murah dan terjangkau.

Dan jika beruntung Anda hanya akan dikenakan biaya bakan bakar (BBM) dan biaya layanan wisata saja. Tarif harga untuk menggunakan perahu nelayan Rp.250.000;- hingga Rp.500.000. Namun ini bukanlah harga yang pas Anda masih bisa nego dengan pemilik perahu untuk mendapat harga terbaik. Untuk masalah homestay Anda tidak perlu khawatir di Pulau Dodola sudah terdapat beberapa homestay dengan harga yang terjangkau. #AyoKeMaluku


referensi
balitour.com
beritadaerah.com
describeindonesia.com

No comments :

Post a Comment