Informasi Wisata Khususnya di Provinsi Maluku dan Maluku Utara

Friday, July 25, 2014

Kolam Waisalaka - Habitatnya Morea (Belut) Raksasa Di Waai

No comments :
Kolam Waesalaka - Habitatnya Morea (Belut) Raksasa Di Waai
source: flicker/eliku
Maluku tidak hanya memiliki keindahan pulau, pantai dan lautnya saja. Tetapi Maluku juga mempunyai destinasi wisata tradisional yang begitu mempesona, salah satunya yaitu wisata Kolam Waesalaka. Di Kolam ini hidup berbagai macam jenis ikan tawar yang dipelihara oleh penduduk setempat. Namun yang menarik dari kolam ini adalah terdapat ratusan ekor Belut Raksasa atau warga setempat menyebutnya Morea, yang sangat jinak dan dapat dikendalikan oleh pawangnya.

Morea (red belut) ini hidup dan bersembunyi di goa-goa yang berada disekitar kolam, dan akan keluar jika dipanggil oleh sang pawang. Ukuran hewan ini tak tanggung-tanggung ada yang berukuran 1 sampai 2 meter, bahkan ada yang sebesar batang paha orang dewasa. Menurut mitos yang beredar bahwa jika Anda memegang Morea (red belut) ini Anda akan mudah bertemu jodoh atau cepat nemuin jodoh.

Namun sampai saat ini belum ada yang tahu pasti kapan dan dari mana asal usul hewan ini sampai bisa berada di kolam Waai ini. Tetapi menurut cerita warga setempat bahwa ratusan tahun lalu tombak sakti yang dilemparkan dari gunung Salahutu menancap di lokasi ini, yang ketika dicabut keluar mata air dan sejak itulah hewan ini berada di kolam tersebut.

Untuk menuju tempat ini Anda harus menuju ke Desa Waai, Kecamatan Salahutu, Maluku Tengah yang berjarak sekitar 30 menit dari pusat kota Ambon. #AyoKeMaluku

referensi
mondeck.net
travelingsuport.blogspot.com

No comments :

Post a Comment