Informasi Wisata Khususnya di Provinsi Maluku dan Maluku Utara

Friday, June 27, 2014

Tabob - Penyu Belimbing Terbesar di Dunia

No comments :
source: google.com
Selain pantainya yang indah, pulau Kei, Maluku Tenggara, juga menjadi habitat bagi penyu belimbing, atau dalam bahasa daerah setempat menyebutnya dengan Tabob. Penyu Belimbing atau bahasa latinya Dermochyles Coriacea adalah penyu terbesar di dunia dan merupakan reptil terbesar keempat didunia setelah 3 jenis buaya.

Tempat penangkaran penyu ini berada di sekitar pantai Ngurtafur yang dikelola oleh WWF. Penyu ini merupakan ikon pariwisata di Maluku Tenggara. Tetapi untuk melihat penyu ini bukanlah hal yang mudah, menurut warga setempat penyu ini akan muncul jika dipanggil oleh tetua adat setempat dengan melakukan ritual adat.

Penyu ini berimigrasi dari Papua Barat menuju Kei Kecil untuk mengejar ubur ubur raksasa (mangsanya). Jenis penyu ini mudah diidentifikasi dari karapsnya yang berbentuk sepertigaris garis pada buah belimbing. Karapsnya tidak ditutupi oleh tulang namun ditutupi oleh kulit dan daging yang berminyak.

Penyu ini juga merupakan satu dari tujuh jenis penyu yang ada di dunia, enam diantaranya bisa Anda jumpai di Indonesia. Pada umumnya panjang karaps penyu ini 1-1,75 meter, sedangkan panjang total umumnya 1,83-2,2 meter dan memiliki berat 250-700 kilogram. Penyu belimbing juga merupakan satu satunya anggota famili Dermochelyidea yang masih hidup.



referensi 
id.wikipedia.org
nationalgeographic.co.id
wisatamalra.com

No comments :

Post a Comment