Informasi Wisata Khususnya di Provinsi Maluku dan Maluku Utara

Sunday, February 22, 2015

Mesjid Wapauwe - Desa Kaitetu

1 comment :
Mesjid Wapauwe - Desa Kaitetu
source:google.com
Mesjid Wapauwe merupakan salah satu dari sekian banyak mesjid tua yang berada di Indonesia. Mesjid ini terletak di Desa Kaitetu, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku. Mesjid ini dibangun pada tahun 1414 Masehi, yang pada awalnya di beri nama Wawane karena di bangun di Lerang Gunung Wawane oleh Pernada Jamilu, yang merupakan keturanan Kesultanan Islam Jailolo.

Mesjid Wapauwe di bangun dengan bentuk yang sangat sederhana, alih - alih dari kayu atau semen, konstruksi bangunan mesjid ini dibangun dari pelepah sagu kering ( gaba-gaba, dalam bahasa Maluku). Bangunan induknya hanya berukuran 10x10 meter, dan bangunan tambahannya berupa serambi yang berukuran 6,35x4,75 meter. Uniknya lagi, konstruksi dari bangunan induk dirancang tanpa menggunkan paku atau pasak.

Mesjid ini sempat mengalami beberapa kali pemindahan yang pada awalnya berada di Desa Wawane yang terletak di Lerang Gunung Wawane, berpindah ke Desa Tehala yang kemudian berpindah lagi ke Desa Kaitetu. Bahkan menurut warga setempat mesjid ini berpindah dengan sendirinya.

Mesjid Wapauwe - Desa Kaitetu
source:google.com
Meski telah dibangun mesjid baru di Desa Kaitetu, namun hingga saat ini mesjid Wapauwe masih di gunakan untuk melakukan shalat Jumat dan Shalat lima waktu. Di dalam mesjid ini terdapat sebuah bedug dan Al-Quran tua yang telah berumur ratusan tahun dimana kertasnya mulai termakan usia.

Mesjid Wapauwe terletak di wilayah yang selama ini dikenal sebagai tempat peninggalan-peninggalan sejarah yang bernilai sangat penting. Untuk berkunjung ke mesjid ini Anda bisa menggunakan transportasi umum atau kendaraan pribadi. Jaraknya sekitar 22 kilo meter dari pusat Kota Ambon.#AyoKeMaluku


referensi
http://melayuonline.com/
http://travel.detik.com/

1 comment :